Jumat, 08 Juli 2011

Mecca Royal Clock Tower

ANUGRAH RAMADHAN SA/21309399/2TBO2

Menara Abraj Al Bait (Arab)

Lokasi : Mekkah, Arab Saudi. Status: Selesai. Groundbreaking : 2004 . Perkiraan penyelesaian : 2010. Penggunaan : Multifungsi/serbaguna Ketinggian Antena/puncak : 595 m (1.952 kaki). Detail teknis : Jumlah lantai 76. Perusahaan : Arsitek Dar Al-Handasah. Kontraktor : Saudi Binladin Group.

Menara yang disebut Abraj Al-Bait atau “Mecca Royal Clock Hotel Tower” ini bakal menjadi bangunan tertinggi kedua di dunia. Selain tingginya mencapai 595 meter. Bangunan hotel yang terletak di sekitar
Kabah ini memiliki menara jam tertinggi sedunia.

Menara Abraj Al Bait adalah sebuah kompleks bangunan yang terletak di Kota Mekkah, Arab Saudi dan saat ini sedang dibangun. Kompleks bangunan ini dirancang oleh para arsitek dari Dar Al Handasah Architects dan pelaksanaan pembangunannya dilakukan oleh Saudi Binladin Group. Lokasi menara ini berada di seberang jalan Masjidil Haram, salah satu masjid suci umat Islam.

Menara Abraj Al Bait dibangun untuk menampung para jamaah Haji yang semakin banyak datang ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji. Bisnis perhotelan yang semakin lama menjadi berkembang di kota ini juga tak terlepas dari banyaknya jamaah haji ini. Selain itu, Menara Abraj Al Bait ini juga dirancang untuk mampu menampung sampai dengan 100.000 orang.

Struktur dan Konstruksi Bangunan

Mecca Royal Clock Tower atau Menara Abraj Al Bait akan menjulang hingga rencana total ketinggiannya 662 meter, terbuat dari beton dan dengan puncak menara terbuat dari logam berbentuk bulan sabit setinggi 155 meter. Jika selesai luas areal itu mencapai 1,5 juta meter persegi.

Terdapat tujuh menara dengan satu menara yang dinamakan Hotel Tower memiliki ketinggian diatas 6 menara lainnya yang diperkhususkan untuk apartemen (tinggi menara hotel adalah 595 m). Hotel Tower akan dijadikan hotel berbintang tujuh. Bangunan dibawah tujuh menara ini diisi dengan 4 lantai pusat perbelanjaan, ruang konferensi, dan fasilitas-fasilitas yang lain.

Konstruksi Menara Abraj Al Bait ini dimulai pada tahun 2004 yang lalu, dan secara bertahap-tahap ketujuh menara ini akan diselesaikan dan yang paling terakhir selesai dari ke tujuh menara ini adalah Hotel Tower. Kompleks bangunan ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2009 atau 2010 dan biaya pembangunannya dipekirakan berkisar 1,6 miliar dolar AS.

Rekor

Jika Menara Abraj Al Bait ini berhasil diselesaikan tepat waktu, maka akan menjadi struktur tertinggi di Arab Saudi dan kedua di Timur Tengah setelah Burj Dubai di Dubai, Uni Emirat Arab dan akan menjadi salah satu bangunan tertinggi di dunia.

Sementara itu, jika jumlah lantai di seluruh kompleks menara ini dihitung semua, maka jumlah total lantai diperkirakan mencapai 1.455.000 m2 dan akan menjadi bangunan dengan jumlah lantai terluas di dunia, lebih banyak 470.000 m2 dari Aalsmeer Flower Auction, Aalsmeer, Belanda yang menjadi pemegang rekor hingga saat ini.

Proyek ini juga akan menempatkan jam pada setiap sisi dari Hotel Tower. Jam ini memiliki panjang dan lebar 80 meter. Keempat jam ini akan dipasang pada ketinggian 530 meter, yang akan menjadikan jam terbesar dan tertinggi di dunia. Direncanakan jam ini akan 5 kali lebih besar dari big ben di London.

Jam raksasa buatan Jerman itu akan menjadi yang terbesar di dunia, dengan lebar 45 meter dengan ketinggian di setiap keempat sisi tower 43 meter. Jam besar itu akan terlihat dari jarak 17 kilometer saat
malam hari dan 11-12 kilometer di siang hari.

Kompleks hotel dengan tujuh tower tersebut menghabisakan dana sekitar 3 miliar US dollar. Kompleks dengan nama Abraj Al Bait tersebut akan berisi 3000 kamar yang sebagian besar akan menghadap ke Masjidil Haram. Sebagai tambahan, Abraj Al-Bait akan memiliki shopping mall 4 lantai dan kawasan
parkir yang dapat menampung ribuan mobil. Pembangunan ini bertujuan untuk memberi keleluasaan dan kemudahan bagi para jemaah Haji di Mekah.

Spesifikasi & Perbandingan Bangunan :


Tinggi Menara Jam :

Royal Mekah Clock Tower (saat puncak ditambahkan): 1.970 ft
Diameter Jam :

Royal Mekkah: 151ft
Prasasti :

Royal Mecca: "In the name of Allah" = "Dalam nama Allah"
Pencahayaan :
Royal Mekkah : 2.000.000 lampu LED pada tampilan jam ; 21.000 dan lampu hijau putih di atas penunjuk waktu yang memancar 5x setiap hari untuk mengingatkan waktu sholat. 16 buah lampu vertikal juga akan memancar sejauh 7 mil ke udara pada hari-hari festival.
Ketenaran Yang Lain :

Royal Mekkah : terbesar dari tujuh menara yang membentuk komplek al-Bait Abraj. Ini akan menjadi pusat perbelanjaan raksasa, lebih dari 2.000 kamar hotel, dua helipads dan masjid yang dapat menampung hingga 30.000 orang. Hotel di menara jam itu sendiri akan memiliki 800 kamar sedangkan Istana Westminster memiliki 1.100 kamar.

Sumber : Wikipedia.org, google.co.id, & jurnalislam.com



Creative by Opa Soparudin ngacapruk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar