Minggu, 25 Desember 2011

JAKARTA. Operator halo-halo menyiapkan kualitas layanan untuk mengantisipasi lonjakan lalu-lintas (traffic) komunikasi sejak 24 Desember hingga perayaan Tahun Baru.

PT XL Axiata Tbk. (EXCL) misalnya, mengaku peningkatan trafik komunikasi Natal dan Tahun Baru akan meningkat 30% dibanding hari biasa. Maka itu XL memaksimalkan layanan. Saat ini utilisasi untuk layanan suara (voice) sekitar 70% dari total kapasitas. Sedangkan SMS dan data utilisasinya 30% dan 60%.

Henry Wijayanto, Manajer Komunikasi Perusahaan XL, mengatakan, wilayah dengan distribusi komunikasi tertinggi di antaranya di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta.

Peningkatan trafik juga terdorong promosi operator menawarkan layanan paket hemat mendekati musim libur. Contohnya XL dengan paket data Rp 49.000 per bulan selama tiga bulan untuk kartu perdana. Tarif itu lebih murah 50% dari biaya Rp 99.000 per bulan bagi pelanggan XL nonperdana. "Ini termasuk momen khusus, layanan data makin murah, pelanggan diberi keleluasaan," ujarnya.

Sementara itu, Sarwoto Atmosubroto, Direktur PT Telekomunikasi Seluler Tbk. (Telkomsel), berpendapat pemberian ucapan menggunakan fitur-fitur ataupun gambar makin marak belakangan. Itu juga sejalan dengan penggunaan dan pemilikan gadget-gadget. Sehingga, komunikasi data sudah menjadi kebutuhan utama pelanggan.

Telkomsel mengoptimalkan jaringan bahkan di jalur laut lewat 15 kapal Pelni. Di laut juga mengoperasikan menara BTS via satelit VSAT IP. Itu untuk menopang operasional 44.000 BTS dan 9.000 BTS 3G milik Telkomsel saat ini. Sekadar catatan, tahun lalu BTS Telkomsel sebanyak 37.000 unit dan 7.500 unit BTS 3G.

Kalau liburan tahun lalu kapasitas SMS Telkomsel sebatas 80.000 sms per detik, tahun ini dinaikkan menjadi 83.750 sms per detik. Itu setara dengan 7,2 miliar SMS per hari. Layanan Blackberry yang tahun lalu berkapasitas 1,2 gigabyte per detik (Gbps), jelang tutup tahun sudah 5 Gbps.

Sedangkan, PT Indosat Tbk khusus kapasitas layanan data akan ditingkatkan mencapai 8,36 gigabyte per detik (Gbps). Dengan begitu Indosat mampu menyediakan volume data sekitar 100 terabyte saban hari.

Sedangkan kapasitas suara dan SMS dinaikkan 0,68% dan 73,02% dibandingkan Natal tahun lalu. Menurut Djarot Handoko, Kepala Divisi Humas Indosat, langkah itu bertujuan mengikuti tren komunikasi data di masyarakat

Kenaikan trafik diperkirakan terjadi di berbagai wilayah yang menjadi fokus perayaan Natal, Tahun Baru dan libur akhir tahun seperti tempat wisata dan lain-lain. Mendorong itu Indosat mengoperasikan Command Center 24 Desember esok sampai 1 Januari 2012 untuk mendeteksi ganguan jaringan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar